Loading...
Sabtu, 30 Juli 2011

TEKNIK DASAR BULUTANGKIS ( FOOTWORK )

     
     FOOTWORK merupakan teknik dasar bulutangkis untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas, oleh karena itu harus dilakukan dalam posisi yang baik dan benar. Seorang pemain untuk bisa memukul dengan baik dan berkualitas harus mempunyai kecepatan gerak kaki, untuk itu harus latihan footwork dengan rajin, tekun dan benar.
Latihlah footwork dengan gerak maju mundur, kekanan kekiri, kedepan kebelakang dan menyerong dengan kaki kiri sebagai as tumpuan dan kaki kanan selalu ada didepan dekat bola (cock).
Sikap dan posisi pemain harus benar dan sempurna sehingga bisa bergerak ke segala penjuru lapangan dengan cepat, tepat dan efisien tenaga. Pukulan juga akan berkualitas sehingga pemain bisa mengontrol permainan.

Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam pengambilan sikap dan posisi, antara lain :

1. Berdiri dengan santai, usahakan berat badan tetap pada kedua kaki dan jaga keseimbangan tubuh.
2. Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan sejajar atau salah satu kaki didepan kaki lainnya, tekuk kedua lutut berdiri pada ujung kaki sehingga posisi pinggang tetap tegak dan rileks.
3. Kedua lengan dengan siku bengkok pada posisi disamping badan sehingga lengan bagian atas yang memegang raket tetap bebas bergerak.
4. Raket dipegang dengan rileks dan pada posisi kepala (daunnya) raket lebih tinggi dari kepala.
5. Bergeraklah kedepan, belakang, kanan dan kiri dengan cepat dan tetap menjaga keseimbangan tubuh.
6. Gerakan langkah dengan meluncur cepat sangat efektif dalam upaya memukul cock.
7. Hindari berdiri dengan tumpuan pada telapak kaki pada saat memukul maupun menunggu cock.

     Preparation atau posisi memukul bola (cock) sangat penting dilakukan dengan baik karena persiapan waktu sekian detik ini bisa untuk menentukan jenis pukulan apa yang akan kita lakukan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

1. OVERHEAD (atas) untuk right handed
     Pada posisi ini badan menyamping dengan arah net, posisi kaki kanan berada dibelakang kaki kiri. Pada saat memukul cock harus terjadi perpindahan berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri, posisi badan harus selalu dibelakang cock yang mau dipukul.

2. UNDERHEAD (bawah) net.
     Pada saat memukul posisi kaki kanan harus selalu berada didepan kaki kiri, lutut kaki kanan dibengkokkan sehingga paha bagian bawah agak turun, kerendahannya disesuaikan dengan ketinggian cock yang akan dipukul.

2 komentar:

 
Toggle Footer
TOP