Loading...
Selasa, 13 September 2011

TEKNIK DASAR BULUTANGKIS


6 CARA MENGATASI CEDERA DALAM BULUTANGKIS

1. PEMANASAN
    Seperti dalam olahraga yang lain, dalam bulutangkis pun kita sebelum memainkan permainan ini kita diwajibkan untuk melakukan pemanasan yang bertujuan untuk menyiapkan otot-otot kita sebelum melakukan aktifitas yang lebih berat.
Bulutangkis menuntut kita untuk menggerakkan seluruh anggota tubuh mulai dari kaki, tumit, tangan, jari, lengan, pergelangan tangan sampai pinggang. Lakukan pemanasan ini sekitar 15 menit agar otot-otot kita siap.

2. SEPATU
    Dalam bulutangkis sepatu sangat penting, oleh karena itu pilihlah sepatu yang memiliki permukaan tapak dengan bahan karet karena akan lebih kuat menempel pada lapangan. Jangan memakai sepatu yang permukaan tapaknya terbuat dari bahan karbon sintetik karena bisa membuat kita rawan terpeleset.
Pakailah sepatu dengan ukuran yang pas pada kaki kita, karena kalau terlalu sempit bisa mengakibatkan jari dan tumit kita luka atau lecet, kalau terlalu longgar rawan keseleo.

3. KONDISI LAPANGAN
    Perhatikan kondisi lapangan sebelum bermain bulutangkis, biasanya lapangan bulutangkis bisa terbuat dari kayu, karpet ataupun semen. Kalau terbuat dari kayu ataupun karpet air dan keringat bisa menyebabkan kita terpeleset. Kalau terbuat dari semen biasanya pasir atau kerikil bisa menyebabkan kita terpeleset. Oleh karena itu jagalah kebersihan lapangan dari air, keringat dan pasir.

4. GERAKAN TUBUH
    Dalam bulutangkis membutuhkan irama gerakan tubuh dengan reflek ataupun kecepatan yang tinggi, apalagi saat kita mengejar cock yang di dropshot lalu rely yang bergantian, sedikit saja kita melakukan kesalahan dalam menggerakan anggota tubuh bisa menyebabkan cedera terutama pada pinggang, lutut dan paha.
Jadi gerakan harus santai tapi benar.

5. AWAS RAKET PASANGAN KITA (DALAM PERMAINAN GANDA)
    Dalam permainan ganda kita harus bisa membaca gerakkan pasangan kita, karena kalau sampai kita kena pukul raket pasangan kita bisa cedera, demikian juga kalau raket kita saling berbenturan bisa mengakibatkan raket kita rusak.
Bagi pemain profesional kemunkinan kecil hal ini terjadi, tapi bagi yang masih amatir dan belum pernah berpasangan sebelumnya harus hati-hati, beri aba-aba pada pasangan.

6. PEREGANGAN (STRECHING)
    Peregangan setelah kita usai bermain bulutangkis sangat penting dilakukan, regangkan kaki anda sambil duduk di lantai dalam posisi kaki lurus sejajar dengan lantai. Lemaskan otot-otot terutama pada kaki dengan memijat mijat kecil pada paha dan betis. Jangan duduk bersila atau menekuk kaki anda karena bisa menghambat peredaran pembuluh darah yang bergerak cepat karena setelah kita beraktifitas. Jika salah posisi kadang kita bisa kram.

Mudah-mudahan tips ini bisa membantu kita menghindari cedera dalam bermain bulutangkis.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
TOP